Cara memasukkan aplikasi android ke Google Play

 on Sunday, March 6, 2016  

Jika anda membuat sebuah aplikasi dan anda ingin mendistribusikan kepada publik, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengupload aplikasi ke Google Play. 

image credit: appmakr.com
Untuk hal-hal yang lebih mendalam mengenai Google Play dan seluruh perspektif penerbitan, silahkan baca bagian publishing android. Disana ada panduan lengkap mengenai semua aspek penerbitan tahap pengembangan.

Catatan: Sebelum memasukkan aplikasi ke Google play penting untuk memutuskan apakah akan berbayar atau gratis untuk aplikasi yang anda pasang.


Register untuk Google Play
  • Langkah pertama masuk ke play.google.com/apps/publish
  • Login dengan menggunakan akun  google anda
  • Pada bagian “Accept Developer Agreement” centang box persetujuan perjanjian (baiknya baca dulu sebelum dicentang) 
  • Setelah itu diminta mengisi detail kartu kredit dan ada biaya $25 USD untuk  dibayar sekali saja.

Apakah anda berniat menjual aplikasi Anda?

Jika Anda ingin menjual aplikasi anda, bukan menawarkan mereka secara gratis dengan iklan, anda perlu untuk mengatur akun merchant Google Wallet melalui Google Play Developer Console.

Catatan: Sebaiknya mematikan iklan ketika berniat menjual aplikasi di Google Play. 

Mempersiapkan untuk mempublikasikan

Proses penerbitan di Google Play tidak memakan waktu lama siapkan:
  • Siapkan file APK untuk diupload (harus di bawah 50MB agar dapat diterima).
  • Judul untuk aplikasi Anda (maks 30 karakter).
  • Deskripsi aplikasi Anda (maks 4000 karakter).
  • Type file PNG 32-bit 512 x 512.
  • Minimal 2 screenshot Maaksimal 8 screens setiap jenis aplikasi, JPEG atau 24-bit PNG. Min 320px X 3840px. Anda dapat mengunggah maksimum 8 screenshot setiap jenis. 

Item opsional yang dapat diperbarui kemudian termasuk:
  • Teks promo opsional (80 karakter) dan promo grafis. Promo grafis perlu 180w x 120h JPG atau PNG 24-bit (tidak alpha).
  • Screenshot: Hanya 2 diperlukan, tetapi Anda dapat meng-upload maksimal 8 screenshot setiap jenis. 
  • Fitur grafis: 1024w x 500h JPG atau PNG 24-bit (tidak alpha).


Menambahkan aplikasi baru
Setelah Anda terdaftar, Anda dapat log in ke account Google Play dan mulai menerbitkan aplikasi Anda melalui tombol "+ Add new application". 

Hal pertama yang akan anda lihat adalah sebuah dialog yang meminta untuk bahasa default dan judul aplikasi Anda. Jika aplikasinya berbahasa Indonesia, pilih saja bahasa Indonesia untuk “Default language”. 

Anda kemudian disajikan dua pilihan "Upload APK" dan "Mempersiapkan Store daftar". Karena kita akan mengupload APK klik tombol "Upload APK"

Meng-upload APK
Langkah ini adalah proses upload File paket Android aplikasi Anda (APK). Link ke file ini adalah melalui email kepada Anda setiap kali Anda berhasil membangun aplikasi Anda. Anda akan melihat tombol "Simpan Draft" pada kotak dialog setelah Anda meng-upload APK. Setelah Anda menyelesaikan langkah ini, Anda akan melihat tanda cek yang tercantum di samping "APK" sepanjang sisi kiri layar. Langkah berikutnya adalah untuk mempersiapkan "Store Listing" Anda.

Store Listing
Store listing mengontrol daftar aplikasi kita di Google play. Langkah ini melibatkan mengirimkan konten seperti judul, deskripsi, ikon, screenshot, kategorisasi, kontak, dan kebijakan privasi. 

Jika Anda memasukkan semua informasi yang diperlukan, Anda akan melihat tanda cek yang tercantum di samping "Store Listing" sepanjang sisi kiri layar. Langkah berikutnya adalah untuk menyelesaikan rincian "Harga & distribusi".

Harga & distribusi
Dalam bagian ini,  anda menentukan rincian harga untuk app Anda (gratis atau dibayar). Ketika Anda selesai, Simpan perubahan Anda dan jika Anda memasukkan semua informasi yang diminta, ia akan menampilkan tanda centang di sebelah "Harga & distribusi" sepanjang sisi kiri.

Penerbitan aplikasi anda
Jika Anda sudah mengirimkan semua informasi yang diperlukan, "Menerbitkan aplikasi ini" tombol akan diaktifkan pada halaman. Aplikasi Anda akan muncul di toko biasanya setelah beberapa jam (tapi bisa memakan waktu lebih lama). Jika Anda telah menyertakan AdMob di app Anda, jangan lupa untuk "link aplikasi Anda" yang biasanya dapat dilakukan 24 jam setelah telah dipublikasikan.

Cara memasukkan aplikasi android ke Google Play 4.5 5 Unknown Sunday, March 6, 2016 Jika anda membuat sebuah aplikasi dan anda ingin mendistribusikan kepada publik, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengupload aplikasi ke Google Play. Jika anda membuat sebuah aplikasi dan anda ingin mendistribusikan kepada publik, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengupload a...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme